VISI, MISI, DAN STRATEGI
VISI
Terwujudnya tadik menjadi mutiara di tengah kebun sawit yang berkualitas terpercaya, unggul dalam mutu, unggul dalam iman & taqwa (imtaq), unggul dalam kemandirian, serta unggul dalam ilmu pengetahuan & teknologi (iptek) dengan memperhatikan lingkungan yang bersih dan sehat.
MISI
- Mengembangkan kemampuan akademis tadik sebagai dasar pembentukan pribadi tadik yang berilmu, berakhlak, beramal, serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
- Menciptakan suasana sekolah yang tertib, aman, nyaman, bersih, dan sehat serta memelihara suasana pergaulan di sekolahh atas dasar silaturahim/ukhuwah.
- Melaksanakan pelajaran dan bimbingan secara efektif untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki tadik .
- Menciptakan dan mengembangkan kerjasama yang harmonis dengan lingkungan sekitar.
- Menumbuhkan etos kerja, profesional dan komitmen personil terhadap sekolah.
- Menyiapkan tadik yang mandiri berdaya saing tinggi dalam menghadapi kehidupan di masyarakat.
- Mengembangkan dan mempertinggi sikap kebangsaan dan cinta tanah air.
- Mensejahterakan sekolah untuk membantu orang lain.
- Menyelenggarakan aktivitas ektra kurikuler dengan suasana sekolah yang kreatif, inovatif, apresiatif, sehat, nyaman dan religius.
TUJUAN
- Mengoptimalkan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Aktif (PAKEM, CTL).
- Mengembangkan potensi akademik, minat, dan bakat Tadik melalui layanan bimbingan dan konseling, dan kegiatan ekstra kurikuler.
- Membiasakan prilaku Agamis di lingkungan sekolah.
- Meningkatkan prestasi akademik tadik dengan nilai rata-rata minimal 75.
- Meningkatkan prestasi akademik tadik di bidang seni dan Olahraga lewat kejuaraan dan kompetisi.
STRATEGI
1. Penataan Struktur Organisasi Sekolah
- Pemahaman dan penyadaran tentang tugas masing-masing unsur/personil sekolah;
- Pemantapan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Kepala Sekolah dan Guru;
- Pemahaman dan peningkatan lima (5) kemampuan dasar mengajar bagi guru;
- Meningkatkan rasa kekeluargaan, rasa saling percaya dan rasa tanggung jawab masing-masing warga sekolah.
2. Meningkatkan Prestasi Hasil Belajar Tadik
- Memberikan motivasi pada tadik agar mereka dapat belajar dengan giat serta dapat berprestasi;
- Memotivasi guru untuk tetap bersemangat dalam menjalankan tugas;
- Memantapkan penerangan tata tertib bagi tadik dan personil;
- Memanfaatkan sarana pendidikan yang ada dengan semaksimal mungkin;
- Menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang diperlukan;
- Meningkatkan kegiatan ekstra kurikuler;
- Menjalin kerjasama dengan orang tua, masyarakat, dan instansi yang terkait demi tercapainya tujuan pendidikan.
3. Peningkatan Mutu Pendidikan
- Memantapkan Tes Kemampuan dasar kelas 4 dan 5 serta try out kelas 6:
- Memberikan pelayanan tambahan;
- Membimbing kegiatan tadik dalam hal keterampilan;
- Meningkatkan kerja sama dengan orangtua Tadik dan Komite Sekolah demi tercapainya tujuan pendidikan;
- Melaksanakan peraturan tata tertib;
- Mengembangkan kegiatan ekstra kurikuler.
4. Meningkatkan Profesionalisme Guru
- Memanfaatkan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Pusat Kegiatan Guru (PKG) dalam menambah wawasan guru;
- Memberikan ijin kepada guru untuk melanjutkan pendidikan (kuliah);
- Mengikut sertakan guru dalam kegiatan penataran, seminar, penelitian dan pembinaan untuk menambah keterampilan;
- Memanfaatkan dan meningkatkan frekuensi kunjungan kelas;
- Mengadakan studi banding kepada sekolah yang lebih maju (lebih baik).
5. Peningkatan Hubungan Kerja Sama Dengan Masyarakat
- Mengundang orang tua tadik untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan sekolah;
- Meningkatkan hubungan kerja sama dengan komite sekolah untuk memajukan sekolah;
Meningkatkan komunikasi dengan instansi terkait dan instansi lainnya.